Sebutkan dan Jelaskan 5 Asas Sistem Budaya Indonesia !

HOUGAKUSHI - Kehidupan sosial masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Apabila menelaah pernyataan tersebut, maka dapat dikatakan bahwa peristiwa Sumpah Pemuda merupakan konsensus nasional yang perwujudannya dalam sistem budaya Indonesia didasarkan pada 5 asas. Sebutkan dan jelaskan lima asas-asas dimaksud.

 Jawaban:

 Asas kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kesempurnaan hanya dapat dicapai oleh manusia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui semangat dan takwa, sebab pada akhirnya apa yang diperoleh manusia, masyarakat, bangsa, dan Negara, bahkan kemerdekaan itu adalah rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

Asas merdeka.

Kemerdekaan adalah  hak segala bangsa, karena itu kehidupan pribadi/keluarga, masyarakat, dan bangsa yang bebas itu mempunyai tanggungjawab dan kewajiban bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang menghargai, menghormati dan menjunjung tinggi kemerdekaan itu.

Asas persatuan dan kesatuan.

Bangsa Indonesia terdiri atas aneka ragam suku, budaya, bahasa, adat istiadat daerah dan sebagainya telah membentuk Negara Republik Indonesiayang meletakkan persatuan dan kesatuan sebagai asas sosial budayanya.

Asas kedaulatan rakyat.

Kehidupan pribadi atau keluarga dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam rangka mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan golongan/pribadi

Asas adil dan makmur.

Setiap pribadi atau keluarga dalam kehidupan harus mempunyai kehidupan yang layak dan adil sehingga pekerjaan, pendidikan, profesi, kesehatan, pangan, pakaian, perumahan, dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa menjadi hak yang dipertanggungjawabkan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 


Sumber : Bank Soal

__________________________________
Terima kasih sudah membaca di Hougakushi, semoga bermanfaat.

Situs Partner Kami

Featured Section

featured/recent

Simple Grid

6/sgrid/recent