Apa itu Lingua Franca? Arti dan penjelasan

Arti lingua franca Lingua franca adalah Istilah linguistic Penjelasan lingua franca Sejarah lingua franca

HOUGAKUSHI
lingua franca (bahasa Latinlingua franca, arti harfiah: "bahasa bangsa Franka"), adalah sebuah istilah linguistik yang artinya adalah "bahasa pengantar" atau "bahasa pergaulan" di suatu tempat di mana terdapat penutur bahasa yang berbeda-beda.

Lingua franca berasal bahasa Latin yang artinya adalah bahasa bangsa Franka yang merupakan sebuah istilah linguistik yang artinya dalah “bahasa pengantar ” atau “bahasa pergaulan” di suatu tempat dimana terdapat penutur bahasa yang berbeda-beda. Ayatrohaedi menerjemahkan istilah ini dengan istilah basantara, dari kata “basa” atau “bahasa” dan “antara”.

Dalam buku A Dictionary of Theoretical Linguistics disebutkan bahwa yangdimaksud dengan Lingua Franca adalah:

Ragam bahasa ini biasanya muncul dalam keadaan “darurat” dan digunakan sebagai bahasa utuk bertahan hidup Lingua franca digunakan apabila kedua pesert tutur bukanlah penutur asli bahasa tersebut. Bahasaini dipakai sebagai “titik temu” dua pihak yaang memiliki dua bahasa yang benar-benar berbeda dan keduanya tidak dapat berkomunikasi menggunakan satupun diantara bahasa yang mereka kuasai.

Didalam situasi darurat,misalnya seorang penutur bahasa Jawa bertemu dengan seorang penutur bahasa Sunda. Si penutur bahasa Jawa menanyakan arah sebuah lokasi didaerah Jawa Barat. Karena bisa menggunakan bahasa Indonesia, akhirnya keduanya berbicara dalam bahasa Indonesia. Didalam situasi ini, Bahasa Indonesia dapat dikategorikan sebagai LinguaFranca


Sumber : wikipedia.org dan makalah lingustik uin jakarta dalam academia.edu

__________________________________
Terima kasih sudah membaca di Hougakushi, semoga bermanfaat.

Situs Partner Kami

Featured Section

featured/recent

Simple Grid

6/sgrid/recent