Jelaskan Maksud Setiap Sila Pancasila, Penjelasan 5 Sila PANCASILA

HOUGAKUSHI - Masing-masing sila dari Pancasila mengandung dan memuat tentang HAM, artinya bahwa kandungan di dalam demokrasi Pancasila itu merupakan cerminan dari HAM. Jelaskan maksud pernyataan tersebut secara rinci !

Jawaban :
  • Sila Pertama, mengandung pengakuan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan menjamin setiap orang untuk melakukan ibadah menurut agama/keyakinan masing-masing. Hal ini berarti, hak warga negara dalam beragama dan menjalankan ibadahnya dijamin oleh negara.
  • Sila Kedua mengandung arti, manusia pada hakikatnya memiliki derajat yang sama sehingga tidak boleh disiksa, dihina, atau diperlakukan secara tidak manusiawi/melampui batas. Dengan demikian setiap bangsa berhak untuk merdeka dan menolak berbagai bentuk penjajahan/kolonialisme dan imperialisme.
  • Sila Ketiga mengandung arti bahwa persatuan Indonesia  merupakan sikap yang mengutamakan kepentingam bangsa di atas kepentingan individu, maupun kelompok yang mempunyai kedudukan dan kesempatan yang sama dalam berbangsa dan bernegara.
  • Sila Keempat mengandung arti bahwa kedaulatan rakyat adalah kekuasaan Negara ada ditangan rakyat. Negara dibentuk oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat kedaulatan rakyat itu disalurkan secara demokratis. Kedaulatan rakyat berisi pengakuan akan harkat dan martabat manusia, sedangkan pengakuan martabat berarti pula  menghormati dan menjujung tinggi HAM yang melekat padanya. Kedaulatan rakyat ini berwujud dalam bentuk hak asasi manusia seperti hak berkumpul dan mengeluarkan pendapat, serta berhak dalam pemerintahan.
  • Sila Kelima mengandung arti bahwa, setiap orang dapat menikmati kehidupan yang layak sebagai manusia yang terhormat, dalam arti tidak ada kepincangan di mana ada segolongan yang hidup mewah sedang golongan lain sangat melarat atau  dengan kata lain setiap orang harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapat nafkah dan jaminan hidup yang layak dalam lapangan ekonomi dan sosial dengan tidak saling menindas melainkan saling harga menghargai dan bantu membantu untuk kepentingan masyarakat dan Negara. 

Sumber : Bank Soal

__________________________________
Terima kasih sudah membaca di Hougakushi, semoga bermanfaat.

Situs Partner Kami

Featured Section

featured/recent

Simple Grid

6/sgrid/recent