Jelaskan abstraksi nilai yang dimaksud dengan Pancasila sebagai filsafat bangsa Indonesia !

HOUGAKUSHIPancasila sebagai filsafat bangsa Indonesia ditetapkan bersamaan dengan ditetapkannya Undang-Undang Dasar 1945 dan menjadi ideologi bangsa Indonesia. Jelaskan abstraksi nilai yang dimaksud dengan Pancasila sebagai filsafat bangsa Indonesia ?
Jawaban :
  • Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa berarti bahwa nilai yang terkandung dalam pancasila itu dijadikan tuntutan dan pegangan dalam mengatur sikap dan tingkah laku manusia Indonesia dalam hubungannya dengan sang khaliq, dengan masyarakat dan dengan alam semesta.
  • Pancasila sebagai dasar Negara, berarti bahwa nilai –nilai yang terkandung didalam Pancasila itu dijadikan dasar dan pedoman dalam mengatur tata kehidupan bernegara atau menata Negara sebagaiman dijabarkan dalam pasal pasal UUD NKRI Tahun 1945.
  • Filsafat Pancasila yang abstrak bercermin dalam Pembukaan UUD 1945 yang dikukuhkan keabaadiannya sebagai eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak boleh dan tidak bisa dirubah oleh siapapun. Mengubah itu berarti membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Pancasila yang dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan suatu kebulatan yang utuh, maknanya bukan semata pada teksnya, namun juga pada keabadian sejarah, dasar Negara dan tujuan Negara sebagai ekssistensi NKRI. Dokumentasi itu ada dalam Pembukaan UUD NKRI Tahun 1945.
  • Kesatuan tafsir sila-sila Pancasila bersumber dan berdasarkan Pembukaan dan Batang tubuh UUD 1945 yang bersifat bulat dan utuh, komprehensif. Pancasila sebagai motivasi, idealisme dan landasan filosofis yang dijabarkan dalam batang tubuh UUD NKRI 1945.

Sumber : Bank Soal

__________________________________
Terima kasih sudah membaca di Hougakushi, semoga bermanfaat.

Situs Partner Kami

Featured Section

featured/recent

Simple Grid

6/sgrid/recent