Indonesia Itu Di Pulau Apa? Apa Itu Nusantara?


Mengapa Indonesia hanya dipulau jawa???

Telah 6 dasawarsa  sudah bangsa ini meraih sebuah kemerdekaan yang direbut dengan penuh pengorbanan yang sungguh besar dan penuh dengan keikhlasan dari para pejuangnya. 

Dengan adanya kemerdekaan ini  hadirlah kehidupan baru bagi bangsa dan negara yang telah terjajah oleh bangsa lain dengan  kurang lebih 3,5 abad lamanya. 

Bangsa indonesia tidak dapat melakukan apa apa ketika tertndas, kemudian pada tanggal 17 agustus 1945 para pendiri bangsa ini memproklamirkan kemerdekaan indonesia. 

Pada kemerdekaan ini lahir pula dasar negara indonesia  yakni Pancasila (lima dasar), pancasila terdiri dari lima dasar yang mencakup seluruh ruang lingkup kehidupan bangsa. 

Saat ini kita tidak akan membahas semua sila dalam pancasila, kita hanya akan membahas sila kelima yakni sila terakhir yang berbunyi  “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Bangsa Indonesia”. 

Sila ini bukan hanya mengemukakan pendapat dari semua rakyat indonesia tentunya, akan tetapi telah mampu menjabarkan segala keinginan bangsa ini dalam hal KEADILAN dan bukan hanya sekedar keadilan namun keadilan yang sebenar benarnya.

Adil, dalam kamus besar bahasa indonesia kata adil berarti sama berat atau tidak berat sebelah ataupun tidak memihak. 

Namun bagi kami rakyat indonesia yang berada diluar pulau para konglomerat, pulau para orang orang berdasi merah yang kami disini kenal dengan sebutan pulau JAWA, inilah pulau yang dapat dikatakan sebahagian besar dihiasi dengan kemewahan , pulau yang menjadi pusat pusat industri,pusat pusat aktivitas bangsa digelar yang sangat jarang ditemukan di pulau lain.

Biar dikata kami bukan orang orang yang dilahirkan dipulau itu namun kami merupakan Rakyat Indonesia yang mempunyai keadilan yang sama dengan para pribumi pulau jawa. 

Akan tetapi, meski kami berusaha keras untuk menyatakan bahwa kami sudah mendapat keadilan, tetap saja selalu ada rasa iri yang timbul ketika membedakan atau menyandingkan kehidupan kami yang dengan para penghuni pulau jawa, segala keperluan kami dalam hal sandang, pangan, serta papan masih dapat dikatakan sulit untuk didapatkan. 

Sebuah contoh yang selalu hadir dalam kehidupan yakni  ketika kita membutuhkan sebuah barang ataupun sebuah jasa pasti kita mengarah kepada yang namanya pulau jawa, pulau jawa, pulau jawa  dan pulau jawa, kenapa harus pulau jawa? Kenapa bukan pulau Irian yang ada ditimur indonesia?, kenapa bukan pulau sulawesi? Kenapa bukan pulau kalimantan ? kenapa bukan sumatra ,pulau paling barat indonesia?. 

Ketika kita hendak melanjutkan pendidikan atau studi pasti orang orang melihat pulau jawa adalah pilihan yang sangat tepat, ketika kita melanjutkan studi di sekolah kedinasan ,pasti ujung ujungnya ke pulau jawa. 

Jika memang bangsa ini ada keadilan, apa salahnya sekolah kedinasan, kantor kantor kementrian, pusat pusat industri disebar keseluruh penjuru tanah air dan bukan hanya ditumpuk dipulau jawa saja,  agar semua rakyat dapat merasakan sebuah arti kemerdekaan seutuhnya dan bukan hanya bualan pemimpin yang duduk manis di kursi kepemimpinannya.

Featured Section

featured/recent

Simple Grid

6/sgrid/recent